Sepuluh Jenis Pekerjaan IT Yang Tingkat Stress-nya Rendah

Sepuluh Jenis Pekerjaan IT Yang Tingkat Stress-nya Rendah – Sebuah artikel di Techrepublic.com memuat sepuluh jenis pekerjaan di area IT yang dianggap memiliki tingkat-stress yang rendah. Jenis pekerjaan apa saja?. Inilah daftar jenis pekerjaan IT tersebut:

1. Computer Sales

Di dalam pekerjaan TI, menjadi tenaga penjual di sebuah toko komputer adalah merupakan jenis pekerjaan IT yang terbebas dari stress. Tentu, Anda perlu berurusan dengan pelanggan yang sering tidak tahu apa yang mereka bicarakan tapi datang dengan bersenjatakan segudang kesalahan informasi baik dari internet ataupun dari teman-teman mereka. Tapi apakah Anda tahu?, Orang bagian penjualan tidak membawa pulang pekerjaan mereka atau harus berurusan dengan tenggat waktu, dan itu saja sudah membuat perbedaan besar dalam tingkat stres.




2. Desktop Support Technician

Desktop support bisa jadi merupakan jenis pekerjaan IT yang sangat sulit. PC user tidak bekerja dan Anda perlu untuk membuatnya berjalan kembali secepat mungkin. Kabar baiknya adalah, Anda harus memiliki persediaan PC yang siap untuk digunakan oleh user kembali dengan cepat jika masalahnya buruk, sehingga Anda dapat memperbaiki PC yang rusak di tempat Anda.

3. Backup Administrator

Percaya atau tidak, beberapa perusahaan cukup besar memiliki orang yang didedikasikan sepenuhnya untuk mengelola backup. Keindahan jenis pekerjaan IT ini adalah bahwa sementara perlu restore dari backup adalah tugas yang super kritis, tetapi itu adalah masalah yang langka. Mayoritas hari Anda dihabiskan melakukan tugas-tugas rutin yang tidak di bawah todongan tenggat waktu.

4. Configuration (pre-sales) engineer

Jika Anda pernah berurusan dengan sebuah perusahaan untuk membuat spec server, Anda pasti akan bertemu dengan configuration engineer. Mereka datang dalam berbagai gaya, tetapi tema yang umum adalah bahwa mereka bukan yang melakukan implementasi yang sebenarnya - di mana tidak berurusan dengan stres jadwal dan hal-hal lain yang tidak beres. Setelah pesanan pembelian disetujui, configuration engineer telah pindah ke klien berikutnya. Sekali lagi, ini adalah jenis pekerjaan IT untuk menghadapi pelanggan. Tapi pelanggan Anda cenderung berpengetahuan, di mana hal tersebut membuat jauh dari stres.

5. Computer Lab Support

Ketika kita masih kuliah, biasanya di kampus terdapat laboratorium komputer, dan salah satu pekerjaan yang sangat didambakan di kampus adalah menjadi salah seorang yang memberikan dukungan/support untuk lab tersebut. Banyak perguruan tinggi yang masih memiliki laboratorium komputer, meskipun saat ini banyak mahasiswa yang memiliki PC. Bekerja sebagai yang memberikan support di lab adalah yang paling mudah dan paling tidak menimbulkan stres. Yang perlu dilakukan hanyalah menjawab pertanyaan dasar seperti bagaimana cara menyimpan file, menjaga printer agar selalu terisi kertas dan toner, membersihkan satu atau dua komputer per shift, dan membuat tiket jika komputer mengalami masalah. Anda tidak diminta berada di sana untuk memecahkan masalah. Satu-satunya yang membuat stres dari jenis pekerjaan IT ini adalah gaji yang rendah.

6. Application Architect

Dari berbagai macam pekerjaan pengembangan, saya cenderung melihat arsitek aplikasi sebagai yang memiliki paling sedikit tekanan langsung pada mereka secara umum. Semua pekerjaan pengembangan pada umumnya stres dengan cara mereka sendiri, tetapi pekerjaan arsitek biasanya tidak berurusan dengan masalah yang disebabkan oleh pengguna yang sebenarnya karena tugas arsitek adalah lebih sering menulis library yang akan digunakan oleh pengembang lain. Arsitek sering lebih lepas dari tenggat waktu dibandingkan dengan pengembang lain karena sebagian besar pekerjaan mereka terjadi di awal dari suatu proyek.

7. Build Engineer

Para build engineer adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengotomasi proses dan prosedur untuk membangun perangkat lunak dari source code menjadi running code. Sering kali, mereka juga merangkap banyak pekerjaan lain juga, seperti membuat unit test (atau menyiapkan unit test yang akan dijalankan), penanganan penyebaran otomatis dari code untuk menguji mesin secara teratur, dan mengelola sistem pengendali source code. Seperti arsitek, jenis pekerjaan IT ini tampaknya tidak terlalu ketat dalam hal tenggat waktu dan hanya memerlukan sedikit kontak dengan orang di luar TI. Meskipun pekerjaan ini memerlukan pengetahuan dari sejumlah besar teknologi yang sulit, tetapi ini adalah jenis posisi di mana Anda tinggal di dalam suasana relatif damai dan tenang untuk melakukan pekerjaan Anda.

8. Installation Technicians

Teknisi instalasi adalah orang yang melakukan instalasi awal dan konfigurasi perangkat keras, terutama hal-hal seperti kabel dan kotak modem. Keindahan pekerjaan ini adalah bahwa meskipun Anda berada di garis waktu dan memiliki jadwal, setiap masalah utama yang ditemukan di tempat klien selalu memiliki alasan yang dibenarkan untuk menunda instalasi dan umumnya dipahami oleh pelanggan. Ada aturan bahwa setiap instalasi yang penting dan utama dilakukan dengan baik sebelum tenggat waktunya, hal inilah yang membuat tingkat stres menjadi turun secara significant pada jenis pekerjaan IT ini.

9. Trainer

Para pengajar/trainer memiliki tugas yang besar: Mereka masuk, menyajikan bahan mereka,dan pergi sebelum pembantaian nyata terjadi. Ya, pelatih ada untuk mendidik, dan itu bisa membuat frustasi bagi yang baru pertama kali menjadi pengajar. Pelatih mungkin menghabiskan cukup banyak waktu untuk bepergian juga. Tapi semua ketegangan khas yang dimiliki dan dihadapi oleh staf jenis pekerjaan IT, seperti proyek-proyek, crash, pengguna akhir, tidak dimiliki dan tidak perlu dihadapi oleh para pengajar.

10. IT Industry Analyst

Tanpa diragukan lagi, salah satu jenis pekerjaan IT terbaik adalah para analis industri. Inilah orang-orang yang berbicara dengan para pemimpin industri dan kemudian menulis laporan yang diisi dengan prediksi masa depan TI. Tentu saja, seperti kebanyakan orang, mereka beroperasi pada batas waktu. Tetapi yang tidak menimbulkan stress adalah bahwa kesalahan mereka tidak mengakibatkan server mati, pelanggaran keamanan, atau aplikasi mengalami masalah. Dan disamping itu, masalah prediksinya salah atau benar – tidak akan terlalu banyak orang yang mengingatnya.

Silakan kunjungi IT Governance Online untuk melihat dan menyimak pembahasan yang lebih lengkap terkait Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Leave a Reply