Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi

Peran industri Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) akhir-akhir ini telah secara pasti berubah. Sekitar sepuluh tahun yang lalu TIK dipandang lebih sebagai sebuah mekanisme untuk efisiensi bukan untuk layanan kritis. Tapi zaman telah berubah dan teknologi telah berkembang. Saat ini TIK telah mengadopsi peran yang jauh lebih serius di dalam bisnis dan masyarakat.

Dalam banyak kasus TIK dianggap sebagai infrastruktur dari misi yang kritikal dan dalam banyak kasus lain dianggap penting untuk pelayanan atau keberhasilan sebuah bisnis.



Tapi apa sebenarnya apa yang diberikan industri ini sehingga membuatnya begitu penting bagi hampir setiap bisnis di dunia? Kuncinya adalah di dalam definisi, Teknologi Informasi mengacu pada industri yang melakukan proses, menyimpan dan mentransmisikan komunikasi digital. Setiap teknologi yang menangani komunikasi digital dianggap sebagai bagian dari industri. Dan jika Anda menganggap bahwa informasi digital adalah termasuk data militer, data keuangan, properti intelektual bisnis, catatan kesehatan, catatan keadilan, data infrastruktur yang critical, catatan pendidikan dan bahkan blog sosial maka Anda mulai menyadari betapa sangat tertanamnya industri ini dalam setiap aspek kehidupan masyarakat.

Dan peran tertentunya sebagai kustodian dari catatan-catatan digital tersebut melampaui perannya dalam hal penyimpanan dan pengiriman informasi. Informasi saat ini diharapkan berada pada platform yang mobile, dan diharapkan agar aman serta tersedia antar berbagai platform. Kita bahkan mengharapkan informasi massa data yang akan diproses dan dikirim kepada kita berbentuk sebagai informasi. Dalam hal meteorologi, studi tentang cuaca misalnya, mengambil sampel data dari ratusan bahkan ribuan poin dan menyajikannya sebagai informasi.

Peran penting lainnya dari TIK adalah mengkoordinasikan orang. Berbagai platform komunikasi yang kaya variasi telah memberi kita kelincahan untuk mengkoordinasikan orang-orang dari lokasi yang jauh. Tidak diragukan lagi bahwa militer telah memanfaatkan peran tertentu dalam teknologi ini, terdapat tak terhitung banyaknya contoh lainnya mulai dari usaha kecil sampai perusahaan besar yang menggunakan teknologi untuk mengkoordinasikan orang untuk mencapai berbagai tujuan.

Dan hasil dari semua informasi ini adalah bahwa kita sekarang memiliki kemampuan untuk membuat keputusan cerdas dan tepat waktu berdasarkan informasi saat ini. Satu contoh umum dari hal ini adalah beberapa orang yang membandingkan pinjaman rumah atau asuransi secara online. Tapi sekali lagi, kemampuan ini meluas ke hampir setiap industri di dunia. Bukan hanya industri pinjaman rumah atau asuransi.

Tapi ironi terakhir adalah bahwa dengan adanya peran ICT yang terus menjadi lebih penting dalam semua lapisan masyarakat, demikian juga kerentanan dari area di mana terdapat ketergantungan tersebut. Dengan kata lain, semakin kita bergantung pada ICT maka kita semakin rentan terhadap konsekuensi dari kegagalan ICT.

Peran teknologi informasi di dalam bisnis sering disalahpahami. Isu-isu kritikal seperti kesinambungan bisnis dan pemulihan bencana seharusnya ditinjau oleh bisnis secara teratur.

Dirangkum dari http://EzineArticles.com/?expert=Andres_Villalva dan http://EzineArticles.com/5502964

Silakan kunjungi IT Governance Online untuk melihat dan menyimak pembahasan yang lebih lengkap terkait Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Leave a Reply