Apa tugas IT Quality Assurance?

Apa itu IT Quality Assurance (ITQA) ?. Dalam memahami ITQA kebanyakan orang masih sering tertukar dengan IT Quality Control (ITQC).

Awalnya memang agak sulit juga untuk meyakinkan orang-orang, bahwa pengertian ITQA berbeda dengan ITQC. Sering orang mengira bahwa ITQA harus terlibat dalam setiap proses produksi IT, padahal seharusnya ITQA lebih focus pada proses untuk menghasilkan produk IT tersebut, tugas ITQA seharusnya  adalah mendefinisikan proses, review efektifitas proses.




Kadang-kadang salah pengertian tentang QA vs QC tersebut disalahgunakan baik disadari ataupun tidak.

Contohnya dalam area pengembangan aplikasi, karena ada salah pengertian tentang fungsi ITQA, unit kerja ITQA sering ditugaskan untuk memastikan kualitas sistem aplikasi yang akan masuk ke produksi dengan cara diminta untuk melakukan review aplikasi tersebut, dengan segala macam cara unit kerja tersebut bekerja keras berusaha memastikan kualitas dari aplikasi tersebut.

Sebetulnya usaha dan kerja keras tersebut tidak akan pernah efektif, karena sebetulnya yang bertanggungjawab terhadap kualitas suatu produk adalah si pembuat produk tersebut.

QC fokus pada produk yang dihasilkan sedangkan QA fokus pada proses untuk menghasilkan produk, itulah inti perbedaan antara QC dan QA.

Silakan baca selengkapnya pada artikel Membangun IT Quality Assurance.

Untuk info selanjutnya mengenai IT QA dapat dilihat pada situs itgovernanceonline.com.

Baca Juga

Perbedaan dan Persamaan IT Quality Assurance dengan IT Security
Implementasi IT Quality Assurance Yang Efektif
Quality Assurance vs Quality Control, Sangat Mendasar Tetapi Sering Rancu
Apa itu IT Quality Assurance
Apa tugas IT Quality Assurance?
Membangun IT Quality Assurance
IT Quality Assurance
Kerancuan di Dunia IT
IT Governance Framework
Artikel Yang Paling Banyak Dikunjungi

Leave a Reply