Teknologi informasi dan teknologi komunikasi memang beda

Teknologi informasi dan teknologi komunikasi memang beda, lalu mengapa kelihatannya banyak sekali yang mempertanyakan apa perbedaan antara teknologi informasi dan teknologi komunikasi?. Apakah itu murni pertanyaan atau merupakan suatu ”gugatan” atau ”unek-unek”.

Jika itu merupakan murni pertanyaan, maka kira-kira jawabannya dapat disimak pada penjelasan di bawah.



Tetapi jika itu merupakan ”gugatan”, silakan simak pada artikel Apa perbedaan teknologi informasi dan teknologi komunikasi.

Secara sederhana dapat didefinsikan bahwa teknologi informasi adalah semua tentang bagaimana komputer bekerja dan apa yang bisa mereka lakukan, sementara teknologi komunikasi adalah tentang memfasilitasi komunikasi antara orang dengan orang. Teknologi komunikasi meliputi tidak hanya komputer, tetapi juga telepon, radio, faks dan perangkat lainnya.

Teknologi Informasi

Teknologi informasi mengacu pada perangkat (hardware) dan algoritma atau program (perangkat lunak) yang digunakan untuk menyimpan, mengambil dan memproses data. Dalam istilah sederhana, ini mengacu pada semua aplikasi komputer dan perangkatnya.

Teknologi Komunikasi

Dalam pengertian modern, teknologi komunikasi termasuk sistem elektronik yang digunakan untuk komunikasi antara individu atau kelompok yang tidak secara fisik hadir di lokasi yang sama. Ini adalah tentang cara orang-orang dapat berbicara atau menulis satu sama lain, bertukar satu sama lain gambar, pesan atau suara.

Sejarah

Dengan beberapa definisi, teknologi komunikasi kira-kira dimulai sekitar lima ribu tahun yang lalu ketika ditemukan tulisan Sumeria, atau mungkin dua ribu tahun lalu ketika kertas diciptakan Cina. Segera setelah belajar menulis, orang menemukan cara menyimpan informasi. Telekomunikasi modern dimulai pada awal 1800-an dengan adanya penemuan telegraf dan dilanjutkan dengan komputer elektronik pertama di 1946.

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Karena konvergensi dari dua teknologi dalam arti bahwa kita semakin menggunakan data digital untuk berkomunikasi, istilah baru telah diciptakan: teknologi informasi dan komunikasi (ICT). Hari ini kita menggunakan komputer untuk memanggil satu sama lain dan telepon untuk memproses data dan mengirim email.

Silakan kunjungi IT Governance Online untuk melihat dan menyimak pembahasan yang lebih lengkap terkait Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Leave a Reply