Sejarah Pendidikan ICT di Indonesia

Sejarah Pendidikan ICT di Indonesia – Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Information and Communication Technology (ICT) mencakup dua aspek teknologi yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. 

Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan berbagai alat bantu, terkait dengan manipulasi dan pengelolaan informasi, secara singkat teknologi informasi dapat dikatakan juga sebagai gabungan dari teknologi komputer dan muatan informasi.

Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan.

Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20.

Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.




Pendidikan formal Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia, khususnya lembaga pendidikan negeri, dimulai dengan dibukanya Pendidikan Ahli Teknik Jurusan Penggunaan Komputer (PAT-JPK) ITB yang merupakan jenjang pendidikan D3 dan angkatan pertamanya dimulai pada tahun 1978. Setelah itu, pada tahun 1981 ITB juga membuka jenjang pendidikan S1 untuk ICT yang diberi nama Jurusan Teknik Informatika.

Tidak lama setelah dibukanya pendidikan formal ICT pada tahun 1978 tersebut, mulai bermunculan pendidikan formal ICT lainnya yang dikelola swasta maupun negeri.

Sejarah pendidikan ICT di Indonesia, baik pendidikan negeri maupun swasta, secara lengkap dari tahun ke tahun adalah sebagai berikut:

1978 Mulai dibuka Pendidikan Ahli Teknik Jurusan Penggunaan Komputer (PAT-JPK) ITB yang merupakan jenjang pendidikan D3 dan merupakan bagian dari rangkaian persiapan terbentuknya Program Studi Teknik Informatika di ITB. Jauh sebelum PAT-JPK ITB berdiri, pada tahun 1968 di ITB berdiri Pengolaan Data Elektronik, kemudian pada tahun 1972 berdiri PUSAT KOMPUTER dan pada tahun 1976 dilakukan pengiriman calon staf pengajar ke Perancis, serta penyusunan kurikulum

1978 Berdiri sebuah sekolah yang diberi nama Institut Ilmu Komputer di Jakarta, kemudian berubah menjadi STMIK Jakarta STI&K. Sekolah yang dikelola oleh Yayasan Ilmu Komputer ini pada mulanya lebih berkiblat pada materi Ilmu Komputer yang dikembangkan di Amerika Serikat, karena sebagian besar staf pengajarnya saat itu, merupakan lulusan Perguruan Tinggi Komputer di Amerika Serikat.

1979 Berdiri Akademi Ilmu Komputer (AIK) di Jl. Budi Utomo No. 11 Jakarta. Berdiri Akademi Ilmu Komputer (AIK) di Jl. Budi Utomo No. 11 Jakarta. Pada tahun 1982 berubah menjadi Akademi Pengetahuan Komputer Budi Luhur dan pada tahun 1984 pindah dari Jl. Budi Utomo ke Jl. Ciledug Raya 99. Pada tahun 2002 menjadi Fakultas Teknologi Informasi di bawah Universitas Budi Luhur.

1981 ITB mulai membuka jenjang pendidikan S1 untuk ICT yang diberi nama Jurusan Teknik Informatika. Jurusan Teknik Informatika sebetulnya baru dibuka pertama kali tahun 1982. Inilah jurusan Informatika pertama (program Sarjana) di PTN. Mahasiswa angkatan pertamanya adalah angkatan 1981. Mengapa bukan angkatan 1982? Karena pada tahun 1981 seluruh mahasiswa ITB Angkatan 1981 belum mempunyai jurusan, mereka masih berstatus sebagai mahasiswa TPB.

1981 Akademi Teknik Komputer (ATK) Bina Nusantara

1981 Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Gunadarma. Pada 7 Agustus 1981 berdiri Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK) di Jakarta yang tiga tahun kemudian berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Gunadarma.

1983 Akademi Komputer Bandung

1984 Jurusan Teknik Informatika ITI (Institut Teknologi Indonesia) Serpong – Tangerang

1986 Program Studi Ilmu Komputer Pusilkom UI untuk jenjang S1

1987 Pendidikan Ahli Teknik Jurusan Penggunaan Komputer yang berada dalam lingkungan ITB dialihkan ke POLITEKNIK ITB menjadi jurusan Teknik Komputer. Pada Tahun 1997 POLITEKNIK ITB menjadi institusi mandiri berpisah dari ITB menjadi Politeknik Negeri Bandung (POLBAN).

1988 Program Studi Ilmu Komputer Pusilkom UI untuk jenjang S2

1995 Jurusan Teknik Informatika Sanata Dharma

Demikianlah sekilas tentang Sejarah Pendidikan ICT di Indonesia. Silakan, jika ada yang ingin memberikan masukan atau koreksi sehingga informasi di atas menjadi lebih akurat.

Silakan kunjungi IT Governance Online untuk melihat dan menyimak pembahasan yang lebih lengkap terkait Teknologi Informasi dan Komunikasi.

(Bersambung….*)

Leave a Reply