Apa perbedaan Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi?

Mengapa kelihatannya banyak sekali orang yang bertanya tentang perbedaan antara Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi?. Bukankah dilihat dari rangkaian kata kata yang membentuk terminologi tersebut sudah jelas?. Jika pengertian kedua teknologi tersebut definisinya dipisahkan, masing-masing memiliki definisi yang berbeda, sama seperti terpisah dan berbedanya antara definisi teknologi peternakan dan teknologi pertanian, tetapi dalam konteks Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau ICT (Information and Communications Technology), teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua istilah yang tidak terpisahkan.




Teknologi informasi dan teknologi komunikasi berintegrasi ke dalam TIK dapat dikatakan melalui proses evolusi. Menurut urutannya teknologi komunikasi lahir lebih dulu dari teknologi informasi. Teknologi komunikasi berasal dan banyak menggunakan prinsip dan konsep yang ada di dalam teknologi telekomunikasi, bahkan dapat dikatakan bahwa teknologi komunikasi adalah sama dengan teknologi telekomunikasi. Sedangkan teknologi informasi muncul dari adanya komponen teknologi komputer dan komponen muatan informasi.

Sehingga komponen dari “Teknologi Informasi dan Komunikasi” adalah teknologi komputer, muatan informasi dan teknologi komunikasi. Sebetulnya istilah yang lebih tepat dan sederhana dibandingkan dengan TIK adalah “Teknologi Informasi” (TI) saja, jika bahwa di dalam TI ada unsur teknologi komunikasi tidak berarti bahwa TI perlu dirubah menjadi TIK.

Kecuali jika yang dimaksud dengan penambahan kata komunikasi memang dimaksudkan bahwa TIK juga mencakup hal-hal terkait komunikasi sepert ponsel, TV dan sebagainya. Hal ini sesuai juga dengan penjelasan yang ada pada Wikipedia: “ICT is often used as an extended synonym for information technology (IT), but is usually a more general term that stresses the role of unified communications and the integration of telecommunications (telephone lines and wireless signals), intelligent building management systems and audio-visual systems in modern information technology”.

Mengapa istilah TI lebih baik daripada TIK?. Beberapa puluh tahun yang lalu sebelum muncul istilah IT, dikenal istilah EDP (Electronic Data Processing) atau di di Indonesia dikenal juga dengan istilah Pengolahan Data Elektronik untuk pengolahan data yang menggunakan komputer. Bahkan konon di sebuah bank di Indonesia, sebelum istilah EDP dikenal, untuk menamakan unit kerja yang melakukan pengolahan data menggunakan komputer diberi nama unit kerja “Divisi IBM”, mengapa divisi IBM?, karena pada saat itu komputer yang digunakan adalah merek IBM…

Beberapa tahun kemudian muncul istilah TI atau IT, dan unit kerja EDP berganti nama menjadi unit kerja TI atau IT. Tidak lama kemudian muncul istilah TIK atau ICT, tetapi saat ini belum begitu banyak organisasi atau perusahaan yang mengganti unit kerja IT-nya menjadi ICT.

Tetapi karena saat ini istilah TIK lebih populer dan di seluruh dunia juga kelihatannya istilah ICT sudah dikenal luas, jadi kita “ikut-ikutan-arus” saja (termasuk nama web-site yang sedang anda kunjungi ini….), bahkan para akademisi di kebanyakan perguruan tinggi di Indonesia, termasuk perguruan tinggi “teknologi” top di Indonesia berusaha mendukung dan mencari pembenaran terhadap istilah TIK dengan memperluas tiga komponen TIK yaitu teknologi komputer, muatan informasi dan teknologi komunikasi menjadi lebih banyak lagi komponen, yaitu 5 komponen (sebagai contoh) terdiri dari:

1. Antarmuka manusia‐mesin, untuk memproduksi representasi digital
2. Jaringan dan konektivitas, untuk transmissi dari representasi digital
3. Komputasi, untuk mengolah representasi digital
4. Aplikasi layanan, untuk melakukan layanan fungsional secara digital
5. Penyimpanan (storage) dan konten, untuk menyimpan representasi digital.

Dengan adanya perluasan cakupan dari TIK di atas justru semakin meyakinkan bahwa istilah yang lebih baik dan sederhana adalah TI dan bukan TIK.

Tetapi isilah TI juga tidak berarti tidak ada yang mempertanyakan, ada juga yang bertanya mengapa teknologi komputer dinamakan TI atau TIK?. Untuk menjawab pertanyaan ini mungkin bisa dijawab bahwa TI adalah gabungan antara teknologi komputer dan muatan informasi dan TIK adalah gabungan antara teknologi komputer, muatan informasi dan teknologi komunikasi.

Meskipun tidak ada salahnya kita mengikuti arus perubahan yang ada, baik perubahan yang hanya terkait dengan istilah maupun perubahan yang menyangkut paradigma seperti standard atau best practices, tetapi kita sebaiknya tidak perlu terlalu mengandalkan dan tergantung karena merasa yakin bahwa best practices atau standard tersebut benar, padahal sebetulnya belum tentu benar dan dapat diandalkan seratus persen, karena best practices atau standard tersebut bukanlah merupakan ilmu eksakta tetapi semuanya itu tidak lebih merupakan ilmu non-eksakta. Oleh sebab itu sebaiknya tidak perlu terlalu mengandalkan dan percaya seratus persen terhadap best practices, yang terpenting adalah bagaimana dapat mengambil hal-hal yang baik dan positif dari best practices yang ada.

Jika istilah TIK atau ICT nantinya akan menjadi istilah umum menggantikan TI atau IT, apakah istilah seperti IT Governance, IT Service Management, IT Security, IT Risk Management, IT Compliance, IT QA dsb akan berubah menjadi ICT Governance, ICT Service Management, ICT Security dst?, rasa-rasanya hal ini tidak akan terjadi?, atau paling tidak akan terjadi di dalam waktu dekat ini.

Jika dilihat ke belakang beberapa puluh tahun yang lalu, cikal-bakal sampai akhirnya muncul istilah TIK kalau diurut kurang lebih adalah sebagai berikut: teknologi komputer, pengolahan data elektronik, pengolahan data, sistem informasi, teknologi informasi, teknologi informasi dan komunikasi.

Penjelasan yang lebih rinci mengenai perbedaan antara teknologi informasi dan teknologi komunikasi dapat dilihat pada artikel Perbedaan Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.

Silakan kunjungi IT Governance Online untuk melihat dan menyimak pembahasan yang lebih lengkap terkait Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Artikel Terkait

Sejarah Manajemen ICT
Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi
Asal-usul istilah teknologi informasi dan komunikasi
Teknologi informasi dan teknologi komunikasi memang beda
Apa perbedaan Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi?
Perbedaan Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi
Sejarah Penggunaan ICT di Indonesia
Sejarah Pendidikan ICT di Indonesia
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi informasi dan teknologi komunikasi memang beda

Leave a Reply