Mengapa Teknologi Informasi Berbeda dengan Teknologi Komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi, TIK adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.

Mengapa kelihatannya banyak sekali orang yang bertanya-tanya tentang perbedaan antara Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi?. Bukankah dilihat dari rangkaian kata-kata yang membentuk terminologi tersebut sudah jelas?. Memang, jika pengertian kedua teknologi tersebut definisinya dipisahkan, masing-masing memiliki definisi yang berbeda, sama seperti terpisah dan berbedanya antara definisi teknologi pertanian dan teknologi penerbangan, tetapi dalam konteks Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau ICT (Information and Communications Technology), teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua istilah yang tidak terpisahkan.

Teknologi informasi dan teknologi komunikasi berintegrasi ke dalam TIK dapat dikatakan melalui proses evolusi. Menurut urutannya teknologi komunikasi lahir lebih dulu dari teknologi informasi. Teknologi komunikasi berasal dan banyak menggunakan prinsip dan konsep yang ada di dalam teknologi telekomunikasi, bahkan dapat dikatakan bahwa teknologi komunikasi adalah sama dengan teknologi telekomunikasi. Sedangkan teknologi informasi muncul dari adanya komponen teknologi komputer dan komponen muatan informasi.

Jika dilihat ke belakang beberapa puluh tahun yang lalu, cikal-bakal sampai akhirnya muncul istilah TIK kalau diurut kurang lebih adalah sebagai berikut: teknologi komputer, pengolahan data elektronik, pengolahan data, sistem informasi, teknologi informasi, teknologi informasi dan komunikasi.

Secara sederhana, teknologi informasi adalah segala sesuatu tentang bagaimana komputer bekerja dan apa yang dapat dilakukan oleh komputer, sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu tentang pemberian fasilitas untuk komunikasi antara orang dengan orang, atau orang dengan mesin/komputer, atau mesin dengan mesin. Teknologi komunikasi tidak hanya mencakup komputer saja, tetapi juga termasuk telepon, radio, fax dan peralatan lainnya.

Teknologi informasi dibentuk dari komponen teknologi komputer dan muatan informasi. Pada awal ditemukannya komputer atau awal digunakannya komputer, istilah Teknologi Informasi belum dikenal, tetapi yang dikenal adalah teknologi komputer, EDP (electronic data processing) atau teknologi pengolahan data elektronik. Baru sekitar awal tahun 80-an, sebutan untuk unit kerja yang melakukan pengolahan data elektronik berubah dari EDP menjadi unit kerja Teknologi Informasi, kadang ada juga yang salah penulisannya, yaitu unit kerja Teknologi & Informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah identik dengan teknologi telekomunikasi yang menjadi inti proses penyebaran informasi.

Sehingga komponen dari “Teknologi Informasi dan Komunikasi” adalah teknologi komputer, muatan informasi dan teknologi komunikasi. Sebetulnya istilah yang lebih tepat dan sederhana dibandingkan dengan TIK adalah “Teknologi Informasi” (TI) saja, jika bahwa di dalam TI ada unsur teknologi komunikasi tidak berarti bahwa TI perlu dirubah menjadi TIK.

Kelihatannya penggunaan istilah TIK memang kecenderungannya semakin menurun, mungkin karena terlalu panjang. Seperti misalnya untuk standard yang dikeluarkan oleh ISO di tahun 2008 yaitu ISO 38500 title-nya adalah Corporate Governance of IT, padahal standard tersebut diadopsi dari standard yang membahas hal yang sama di Australia pada tahun 2007 dan title dari standard tersebut adalah kira-kira Corporate Governance of ICT, tetapi oleh ISO istilah ICT pada standard tersebut diganti dengan IT.

Untuk diskusi lebih lanjut, silakan simak artikel silakan simak pada artikel Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi Memang Beda.

Leave a Reply